Waspadai Empat Tanda Laptop Sudah Terinfeksi Virus


    

 sepelekan kecurigaan kecil pada notebook kamu. Jika kamu menemukan notebook memakan waktu lebih lama ketika membuka sebuah program/aplikasi, ada baiknya segera dibawa ke service center terdekat untuk dianalisa serta ditangani lebih akurat.
       Salah satu kecurigaan kecil di atas bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena virus atau notebook hanya perlu di upgrade akibat terlalu banyaknya aplikasi yang di-instal. Pasalnya, para pencipta malware saat ini semakin pintar menyembunyikan kegiatan jahat mereka dalam melahap daya komputasi PC kamu secara diam-diam.

      Untungnya, ada beberapa “rambu-rambu” yang dapat membantu Agan mengetahui apakah notebook memang terinfeksi virus, atau hanya sudah usang. Semoga beberapa tanda berikut dapat membantu Agan dalam menentukan langkah selanjutnya terhadap notebook.
  1. Serangan Pop Up Windows
    Pop up Windows bisa menjadi indikasi adanya software berbahaya yang diinstal pada komputer Agan  Biasanya pop up Windows itu adalah tandaadware atau trojan clicker. Pencipta Malware mendapatkan uang dari setiap pop up yang di klik tersebut. satu atau dua pop up Windows mungkin tidak berbahaya, tetapi sAgan harus lebih berhati-hati ketika pop up terjadi lebih banyak dan lebih sering. Pasalnya, beberapa pop up Windows tersebut mengandung Malware yang berbahaya bagi PC kamu Agan.
  2. Beberapa pengaturan pada PC atau notebook berubah
    Agan bekerja secara teratur pada PC yang sama, dan meskipun kamu tidak melihat pengaturan setiap hari, kamu pasti cukup percaya diri bagaimana mengatur PC sesuai dengan kenginan. Jadi, ketika pengaturan tiba-tiba berubah maka Agan akan merasa panik bukan? Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan notebook telah terinfeksi virus. Cirinya biasanya ditandai ketika Agan meng-klik satu aplikasi tapi akhirnya mengarah ke aplikasi lain.
  3. Notebook menjadi lambat
    jika notebook Agan menjadi lambat ketika membuka suatu aplikasi/program, itu artinya ada kemungkinan notebook juga telah terinfeksi virus. Beberapa potongan kode secara hati-hati diprogram untuk tidak terdeteksi, dan tujuan utama mereka adalah untuk mencuri bagian dari “otot” komputasi PC kamu sehingga menghasilkan spam,spyware, dan sebagainya. Bukan hanya disebabkan karena virus, melambatnya sistem notebook Agan juga bisa disebabkan karena adanya software yang telah diinstal yang ternyata memakan banyak siklus CPU.
  4. Terhubung secara acak ke website yang berbeda
    Ciri lain notebook Agan terinfeksi virus bisa dilihat ketika kamu terhubung ke beberapa website secara acak. Hal ini bisa disebabkan karena Agan menggunakan software bajakan, mengunduh atau membuka lampiran dalam folder spam, atau bisa juga karena mengunjungi situs website yang berbeda. Pencipta Malware biasanya mengeksploitasi kerentanan dalam browser web untuk menyuntikkan sepotong kode kecil yang dapat berkembang menjadi virus.

No comments:

Post a Comment

 

Catatan Mahasiswa Copyright © 2012-2013 | Created by Putra Ferdidenz